Minggu, 12 November 2017

Apa Itu Kali Linux?



Kali Linux adalah distribusi Linux berbasis Debian yang ditujukan untuk Pengujian Penetrasi dan Pemeriksaan Keamanan Lanjutan. Kali berisi beberapa ratus alat yang diarahkan pada berbagai tugas keamanan informasi, seperti Pengujian Penetrasi, Penelitian Keamanan, Forensik Komputer dan Rekayasa Balik. Kali Linux dikembangkan, didanai dan dikelola oleh Offensive Security, sebuah perusahaan pelatihan keamanan informasi terkemuka.

Kali Linux dirilis pada tanggal 13 Maret 2013 sebagai sebuah back-up yang lengkap dari atas ke bawah untuk membangun kembali BackTrack Linux, mengikuti sepenuhnya standar pengembangan Debian.

    Lebih dari 600 alat uji penetrasi termasuk: Setelah meninjau setiap alat yang disertakan dalam BackTrack, kami menghilangkan sejumlah besar alat yang tidak berfungsi atau yang menduplikasi alat lain yang menyediakan fungsi yang sama atau serupa. Rincian tentang apa yang termasuk ada di situs Kali Tools.

    Gratis (seperti di bir) dan selalu akan: Kali Linux, seperti BackTrack, benar-benar gratis dan akan selalu begitu. Anda tidak akan pernah harus membayar untuk Kali Linux.

    Open source Git tree: Kami berkomitmen pada model pengembangan open source dan development tree kami tersedia untuk dilihat semua orang. Semua kode sumber yang masuk ke Kali Linux tersedia bagi siapa saja yang ingin men-tweak atau membangun kembali paket agar sesuai dengan kebutuhan
spesifik mereka.

    FHS Compliant System
Kali Linux sudah mendukung FHS Compliant System. Nah, apakah itu? Misalkan kita ingin mejalankan suatu aplikasi tidak perlu lagi melalui direktori asal. Contoh : Jika pada Backtrack untuk menjalankan sqlmap kita harus menuju direktori sql map terlebih dahulu dengan mengetikan perintah "cd /pentest/database/sqlmap" lalu eksekusi sqlmap denga perintah "./sqlmap"
Sedangkan di Kali Linux tidak perlu lagi masuk ke direktori sqlmap karena sudah mendukung FHS Compliant System.

    Dukungan perangkat nirkabel yang beragam: Titik lengket biasa dengan distribusi Linux telah didukung untuk antarmuka nirkabel.
Kami telah membangun Kali Linux untuk mendukung perangkat nirkabel sebanyak mungkin, memungkinkannya berjalan dengan baik di berbagai perangkat keras dan membuatnya kompatibel dengan banyak perangkat nirkabel USB dan lainnya.

    Custom kernel, ditambal untuk injeksi: Sebagai penguji penetrasi, tim pengembang sering perlu melakukan pengkajian nirkabel, jadi kernel kami memiliki patch injeksi terbaru yang disertakan.

    Dikembangkan di lingkungan yang aman: Tim Kali Linux terdiri dari sekelompok kecil individu yang satu-satunya yang dipercaya untuk melakukan paket dan berinteraksi dengan repositori, yang kesemuanya dilakukan dengan menggunakan beberapa protokol aman.

    Paket dan repositori GPG yang ditandatangani: Setiap paket di Kali Linux ditandatangani oleh masing-masing pengembang yang membangun dan melakukannya, dan repositori kemudian menandatangani paket juga.

    Dukungan multi bahasa: Meskipun alat penetrasi cenderung ditulis dalam bahasa Inggris, kami memastikan bahwa Kali mencakup dukungan multibahasa sejati, yang memungkinkan lebih banyak pengguna beroperasi dalam bahasa ibu mereka dan menemukan alat yang mereka butuhkan untuk pekerjaan itu.

    Sepenuhnya disesuaikan: Kami benar-benar mengerti bahwa tidak semua orang akan setuju dengan keputusan desain kami, jadi kami telah membuatnya semudah mungkin bagi pengguna kami yang lebih berjiwa petualang untuk menyesuaikan Kali Linux sesuai keinginan mereka, sampai ke kernel.

    Dukungan ARMEL dan ARMHF: Karena sistem single-board berbasis ARM seperti Raspberry Pi dan BeagleBone Black, antara lain menjadi semakin lazim dan murah, kami tahu bahwa dukungan ARM Kali harus sekuat yang kami bisa, dengan instalasi yang bekerja penuh untuk sistem ARMEL dan ARMHF. Kali Linux tersedia pada berbagai perangkat ARM dan memiliki repositori ARM yang terintegrasi dengan distribusi arus utama sehingga alat untuk ARM diperbarui bersamaan dengan sisa distribusi.

    DE (Desktop Environment) yang fleksibel
Secara default Kali Linux menggunakan Gnome untuk DE-nya.Tapi, kita juga dapat merubahnya sesuai dengan keinginan. Misalkan menggunakan KDE, LXDE, XFCE, dll.

Kali Linux secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan para profesional pengujian penetrasi, dan oleh mengasumsikan pengetahuan sebelumnya, dan keakraban dengan, sistem operasi Linux pada umumnya. Silahkan lihat Haruskah Saya Menggunakan Kali Linux? untuk lebih jelasnya tentang apa yang membuat Kali unik.

Requirement Hardware yang diperlukan untuk instalasi Kali Linux.

    Minimal 10 GB space harddisk untuk installasi.
    Untuk Arsitektur i386 dan amd64, minimal RAM yang diperlukan 512 MB.
    Support dengan CD-DVD Drive dan USB boot.

Tertarik untuk menginstall Kali Linux?
Website resmi : http://www.kali.org/
Bisa download iso-nya di : http://www.kali.org/downloads/
Panduan berbahasa Indonesia : http://id.docs.kali.org/
Forum : http://forums.kali.org/
Lapor bug : http://bugs.kali.org/
Git Repository : http://git.kali.org/
Apa Itu Kali Linux?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>